Translate

Senin, 20 Desember 2010

manajerial menurut Blake dan Moution

Kisi-Kisi Manajerial Dari Blake Dan Mouton
Kisi-kisi manajerial yang dikembangkan oleh Robert Blake dan Jane Monton juga berkenaan dengan orientasi-orientasi manajer pada tugas (produksi) dan karyawan (orang) , serta kombinasi antara kedua ekstrim.
v  Manajemen Jatuh Miskin, Pencurahan usaha minimum  untuk melaksanakan pekerjaan yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan untuk memotong keanggotaan organisasi.
v  Manajemen Santai,perhatian sepenuhnya pada kebutuhan-kebutuhan karyawan bagi pemuasan hubungan-hubungan yang mengarahkan kesuatau suasana persahabatan dan kecepatan kerja yang menyenagkan dalam organisasi.
v  Manajemen Manusia organisasi, prestasi organisasi yang memadai dapat dicapai melalui prnyeimabangan keperluan pelaksanaan kerja dengan pemeliharaan semangat kerja karyawan pada tingkat yang memuaskan wewenang ketaatan, efisiensi oprasi dihasilkaan dari penciptaan kondisi kerja dengan suatu cara di mana unsur manusia dilibatkan pada derajat minimum.
v  Manajemen Team, penyelesaian pekarjaan adalah dedikasi karyawan, saling bergantung melalui suatu pancangan umum dalam tujuan organisasi yang mengarahkan untuk hubungan-hubungan yang saling mempercai dan menghormati.
Dua gaya manajemen ini mendasari dua pendekatan pada manajemen yang efektif. Pada gambar dibawah menunjukkan jaringan ( kisi-kisi ) dimana pada sumbu horizontal adalah perhatian terhadap produksi-produski sedang pada sumbu vertical adalah perhatian terhadap orang ( Karyawan ).
Penelitian Di Universitas Ohio State Dan Michigan
Di universitas Ohio State, para peneliti mencoba mempelajari efektifitas dari perilaku kepemimpinan untuk menentukan mana yang paling efektif dari kedua
Pendekatan Situasional “ Contingency”
Pendekatan ini menggambarkan tentang gaya kepemimpian yang tergantung pada faktor situasi, karyawan, tugas, organisasi dan variabel lingkungan lainnya.
Mary Parker Follectt mengatakan bahwa ada tiga faktor utama yang mempengaruhi kepemimpinan yaitu 1) pemimpin, 2) bawahan 3) Situasi juga pemimpin harus berorientasi pada kelompok.

Gaya kepemimpinan menurut Blake dan Mouton dalam Hasibuan (1987) terdiri atas Deserter, Missionary, Autocrat, Compromiser, dan Executive.
Sumber:
http://akumagnaeholic.wordpress.com/2010/11/14/kisi-kisi-manajerial/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar